• Forum Sumbar
  • homepage
  • Kontak
  • Privacy Policy
  • Tim Redaksi
Senin, Oktober 6, 2025
  • Login
  • Home
  • Berita
  • Artikel
  • Opini
  • Advertorial
  • Kontak
No Result
View All Result
Forum Sumbar
  • Home
  • Berita
  • Artikel
  • Opini
  • Advertorial
  • Kontak
No Result
View All Result
Forum Sumbar
No Result
View All Result

Pengobatan Menggunakan Jimat dan Mistis di Beberapa Daerah Minangkabau

23 April 2024
in Artikel
Reading Time: 4min read
Views: 1,066
Contoh jimat dalam tulisan Al Quran. (Foto : Dok)

Oleh: Novfita Risma Yenni
(Mahasiswa Jurusan Sastra Minangkabau Universitas Andalas)

PENGOBATAN tradisional bagi suku-suku bangsa di Indonesia merupakan salah satu warisan pengobatan budaya, pengobatan yang digunakan oleh masyarakat dahulu sampai masyarakat sekarang.

Pengobatan ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai hal kepandaian atau mempunyai pemahaman tentang hal medis tradisional ini.

Lihat Juga

Minangkabau dan Penerapan Permen No. 55/2024 di Perguruan Tinggi di Sumatera Barat

Minangkabau dan Penerapan Permen No. 55/2024 di Perguruan Tinggi di Sumatera Barat

19 September 2025
50
KKN Unand: Pentingnya K3 bagi Petani dan Peternak di Desa Kubang Tangah, Kota Sawahlunto

KKN Unand: Pentingnya K3 bagi Petani dan Peternak di Desa Kubang Tangah, Kota Sawahlunto

12 Agustus 2025
85
Mix and Match OOTD dengan Prinsip Capsule Wardrobe, Gaya Simpel ala Miftah

Mix and Match OOTD dengan Prinsip Capsule Wardrobe, Gaya Simpel ala Miftah

9 Juli 2025
62

Pengobatan tradisional adalah hal wajib untuk digali dan diteliti serta dikembangkan agar penerapannya secara medis dapat dipertanggung jawabkan. Obat tradisional biasanya dibuat berupa jimat, mantra, obat alami, dan ramuan.

Obat berupa jimat dan mantra biasanya orang Minangkabau menghafalkan ayat suci Al Quran dan hadist sebagai pengobatan yang akan dibacakan kepada yang sakit, tidak hanya itu ada beberapa mantra yang dibaca yaitu dari naskah kuno yang ditemukan mushola, pustaka, museum, rumah gadang.

Minangkabau merupakan daerah yang mayoritas beragama Islam, dan memiliki filosofi “Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah”.

Hal ini yang membuat orang Minangkabau menyatukan adat dan memakai ajaran dari kitab sehingga ada pepatah juga mengatakan “syarak mangato, adat mamakai”.

Dari pepatah petitih ini bahwa ajaran yang dipakai orang Minangkabau berasal dari ayat Al Quran dan hadist yang diterapkan melalui adat.

Orang Minangkabau memeluk agama Islam walaupun ada beberapa orang yang memiliki dua kepercayaan seperti kepercayaan terhadap hantu, palasik, dukun, bunian, tasapo, dan pantangan.

Perkembangan jimat dan mistis di Minangkabau diwarnai dengan adanya percampuran antara adat dan budaya dengan ajaran Islam menghasilkan ajaran-ajaran Islam yang mengandung unsur mistis.

Dalam bahasa Arab jimat disebut at tamaim yaitu suatu benda yang sengaja dibuat oleh dukun yang diyakini mengandung kesaktian dan dapat menolak segala jenis penyakit (Mulyadi 2017:54-55).

Azimat atau jimat hingga kini masih masih ada dan masih ditemukan di daerah minangkabau, jimat atau azimat ini dimanfaatkan warga setempat untuk pengobatan.

Ada beberapa pembuatan jimat, yakni; jimat yang berbentuk gelang, jimat ini sering dipakai oleh anak-anak dan orang dewasa tujuan untuk penangkal setan masuk.

Jimat kalung pinang sinawar, jimat ini berbentuk kalung dipakai untuk anak-anak dan orang dewasa pembuatan kalung di buat oleh dukun.

Gantungan pelepah bambu, gantungan ini terbuat dari pelepah bambu, arang dan tali dilukis sesuai bentuk wajah. Benda kecil jimat ini berukuran kecil lebih kurang dari 10 cm biasanya diletakkan di dalam kantong atau saku.

Ikatan-ikatan jimat yang berbentuk ikatan untuk penangkal burung dan hama di sawah. Tulisan Al Quran contohnya, jimat bukanlah suatu yang baru di Minangkabau, jimat masih banyak dipergunakan di beberapa daerah.

Pembuatan jimat di daerah Pariangan, membuat jimat menggunakan dari ayat Al Quran yang dilakukan oleh orang orang yang memiliki dan paham serta ilmu spiritual yang tinggi, jimat-jimat ini digunakan sesuai peruntukannya.

Ada beberapa jimat yang terdapat dalam naskah yang ada di daerah Pariangan:
1). Jimat untuk menghancurkan para pencuri. Di dalam jimat terdapat tatacara penggunaan jimat untuk menghancurkan pencuri, naskah kuno ini di tulis di telur ayam hitam dan di bakar di atas api sebagian dari isi jimat itu terdapat surat Al Quran surah Maryam.

2). Jimat menghilangkan rasa takut. Jimat ini di buat di satu kertas yang sudah dibuat jimat atau ayat ayat serta benda benda yang akan dibawa kemana-mana.

3). Jimat untuk mengembalikan barang yang hilang. Jimat ini digunakan ditulis dalam kertas kemudian dipakaikan ke atas kepala, maka barang akan ketemu dan kembali atas izin Allah.

4). Jimat untuk orang demam. Jimat ini menyediakan air putih satu gelas dan dibacakan ayat Al Quran atau jimat yang lain lalu diminumkan kepada orang yang sakit.

5). Jimat penolak bala. Jimat ini menggunakan mangkok putih dan air yang berisi kembang bunga. Biasanya dimandikan kepada yang meminta itu.

6). Jimat untuk orang hamil dan orang selesai melahirkan. Manfaat jimat ini untuk perempuan berguna untuk menghilangkan rasa sakit dari ilmu hitam yang ada berniat tidak baik kepada ibu dan sang anak. Pada jimat juga ada terdapat ayat Al Quran yang dibacakan ke segelas air dan diberikan ke perempuan yang sedang hamil dan setelah melahirkan.

7). Jimat digunakan ketika keraguan muncul dalam diri. Jimat ini bertujuan untuk kita menjadi percaya diri, biasanya jimat di buat di kertas lalu di seduh ke dalam air lalu air diminum, jimat berisi meminta kelapangan dada dan kemudahan urusan kepada Allah.

8). Jimat untuk musuh kita. Jimat tersebut ditulis di kertas dengan menuliskan bismillahirohmanirrohim fasaikhifikumullah wassamiul’alim innakaffa walmuhtazzina wallaffah.

9). Jimat untuk pelaut. Jimat ini biasanya dibawa oleh para pelaut hendak berlayar.

10). Jimat untuk menghilangkan penyakit yang diakibatkan gangguan jin. Jimat yang dibacakan sesuai dengan naskah kuno. Jimat ini dibacakan ke air lalu di minumkan.

11). Jimat penolak hama tanaman. Biasanya jimat ini digunakan masyarakat yang merasakan kurangnya pendapat hasil panen dikarenakan hama, jadi masyarakat membacakan jimat-jimat di ladang dan di sawah.

12). Jimat untuk anak-anak berupa jimat palasik dan jimat buat anak-anak yang sering menangis.

Fungsi jimat di daerah masyarakat Minangkabau masih mempercayai manfaat sebagai pengobatan tradisional yang menggap pengobatan ini dapat menghindari penyakit-penyakit dan terlepas dari ilmu hitam dan jin.

Pengobatan tradisional di Minangkabau merupakan pengobatan turun temurun dari nenek moyang yang dahulu, pengobatan tradisional ini masih ada sampai sekarang walaupun zaman telah berkembang teknologi sudah canggih pengobatan bisa diakses dimana saja dan luasnya persebaran pengobatan di zaman ini. Tetapi masyarakat tetap mempertahankan kebudayaan dan mempertahankan kebudayaan leluhur salah satunya jimat.

Pengobatan tradisional merupakan kekayaan budaya masyrakat Minangkabau. Pengobatan ini menggunakan bahan alami seperti daun daunan, ayat Al Quran dan naskah kuno yang bisa ditemukan mushola, perpustakaan, museum dan rumah gadang. *)

ShareTweetSendShare
Previous Post

Progul ‘Makan Rendang’ Pemkab Tanah Datar Dinikmati 161 UMKM dengan Kucuran Dana Rp1,5 Miliar

Next Post

Pengobatan Tradisional di Kabupaten Padang Pariaman

BeritaTerkait

Minangkabau dan Penerapan Permen No. 55/2024 di Perguruan Tinggi di Sumatera Barat
Artikel

Minangkabau dan Penerapan Permen No. 55/2024 di Perguruan Tinggi di Sumatera Barat

19 September 2025
50
KKN Unand: Pentingnya K3 bagi Petani dan Peternak di Desa Kubang Tangah, Kota Sawahlunto
Artikel

KKN Unand: Pentingnya K3 bagi Petani dan Peternak di Desa Kubang Tangah, Kota Sawahlunto

12 Agustus 2025
85
Mix and Match OOTD dengan Prinsip Capsule Wardrobe, Gaya Simpel ala Miftah
Artikel

Mix and Match OOTD dengan Prinsip Capsule Wardrobe, Gaya Simpel ala Miftah

9 Juli 2025
62
Tradisi Turun Temurun Molomang Padi Nak Tebik di Nagari Koto Rajo Pasaman
Artikel

Tradisi Turun Temurun Molomang Padi Nak Tebik di Nagari Koto Rajo Pasaman

9 Juli 2025
24
Catatan Perjalanan Rafles (#2): Melintas Tiga Negara Dalam Setengah Hari
Artikel

Catatan Perjalanan Rafles (#2): Melintas Tiga Negara Dalam Setengah Hari

1 Mei 2025
59
Catatan Perjalanan Rafles (#1): Dari Padang ke Batam via Singapura dan Malaysia
Artikel

Catatan Perjalanan Rafles (#1): Dari Padang ke Batam via Singapura dan Malaysia

1 Mei 2025
81
Next Post
Pengobatan Tradisional di Kabupaten Padang Pariaman

Pengobatan Tradisional di Kabupaten Padang Pariaman

Most Viewed Posts

  • Gubernur Sumbar: PSBB Berakhir, Diganti New Normal (35,498)
  • Ranah Minang Berduka, Haji Boy Lestari Dt Palindih Berpulang ke Rahmatullah (34,554)
  • Senin Depan Tidak Juga Cair Bantuan Covid-19, Gubernur Sumbar Dilaporkan ke Presiden (33,740)
  • VCO (Virgin Coconut Oil) Dapat Digunakan sebagai Obat Membunuh Covid-19 (31,639)
  • Heboh, Satu Orang PDP Covid-19 dari Payakumbuh Meninggal di RSAM Bukittinggi (28,164)
  • Pepatah Petitih Minangkabau tentang Kebersamaan Beserta Maknanya (25,428)
  • Tabuik, ‘Perang Karbala’ di Jantung Kota Pariaman (22,837)
  • Sijunjung Jebol, Seluruh Sumbar Zona Merah Covid-19 (21,911)
  • Blaster, Klub Motor Legendaris Kota Padang (21,907)
  • Boy Rafli Amar Dt Rangkayo Basa Termasuk 5 Komjen Calon Kapolri yang Diajukan Kompolnas ke Presiden (21,646)

Berita Lainnya

‘Ajo JKA Pulang Kampuang’

‘Ajo JKA Pulang Kampuang’

20 Februari 2025
105
‘Raja Penyair’ Pinto Janir: Bangun ‘Rumah Budaya’ Bintang 7 di Taman Budaya Sumbar!

‘Raja Penyair’ Pinto Janir: Bangun ‘Rumah Budaya’ Bintang 7 di Taman Budaya Sumbar!

14 Juni 2024
259
‘Sisi Gelap’ DBL Caketum IKA Unand #NoworNever #KitoNanSantiang

‘Sisi Gelap’ DBL Caketum IKA Unand #NoworNever #KitoNanSantiang

30 Juli 2021
440
“75 Tahun Prof Harris Effendi Thahar”: Menyala! Dalmenda dan Ka’bati Ikut Baca Puisi

“75 Tahun Prof Harris Effendi Thahar”: Menyala! Dalmenda dan Ka’bati Ikut Baca Puisi

13 Desember 2024
174
“75 Tahun Prof Harris Effendi Thahar”: Pemprov Sumbar Dukung Upaya Pemajuan Kebudayaan

“75 Tahun Prof Harris Effendi Thahar”: Pemprov Sumbar Dukung Upaya Pemajuan Kebudayaan

5 Januari 2025
81
“78 Tahun Sang Maestro Penulis Indonesia Makmur Hendrik”, Hary: Unand Siap Jadi Episentrum Gerakan Kebudayaan

“78 Tahun Sang Maestro Penulis Indonesia Makmur Hendrik”, Hary: Unand Siap Jadi Episentrum Gerakan Kebudayaan

17 Mei 2025
117
“78 Tahun Sang Maestro Penulis Indonesia Makmur Hendrik”: Unand Menggelegar oleh Puisi

“78 Tahun Sang Maestro Penulis Indonesia Makmur Hendrik”: Unand Menggelegar oleh Puisi

5 Juni 2025
101
“Abrar Yusra and the Ocean of Letters”: A Poetry Collection by Leni Marlina (PPIPM-Indonesia, Poetry-Pen IC, Indonesian Writer of Satu Pena Sumbar, Indonesian Creator of AI Era, FSM, ACC SHILA)

“Abrar Yusra and the Ocean of Letters”: A Poetry Collection by Leni Marlina (PPIPM-Indonesia, Poetry-Pen IC, Indonesian Writer of Satu Pena Sumbar, Indonesian Creator of AI Era, FSM, ACC SHILA)

24 Februari 2025
94
“Abrar Yusra dan Samudera Aksara”: Kumpulan Puisi Leni Marlina (PPIPM-Indonesia, Poetry-Pen IC, Satu Pena Sumbar, Kreator Era AI, FSM, ACC SHILA)

“Abrar Yusra dan Samudera Aksara”: Kumpulan Puisi Leni Marlina (PPIPM-Indonesia, Poetry-Pen IC, Satu Pena Sumbar, Kreator Era AI, FSM, ACC SHILA)

24 Februari 2025
98

Portal berita forumsumbar.com diterbitkan oleh PT. BANGKA LIMABELAS MULTIMEDIA, merupakan situs berita dari Sumbar.

Kantor : Jl. Bangka No. 15 Wisma Warta Ulak Karang – Padang (25133)

HP / WA : 081275665100

  • Kontak
  • Privacy Policy
  • Tim Redaksi

Hak Cipta oleh Forum Sumbar 2022

No Result
View All Result
  • Forum Sumbar
  • homepage
  • Kontak
  • Privacy Policy
  • Tim Redaksi

Hak Cipta oleh Forum Sumbar 2022

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In