Wawako Padang Hendri Septa Bernostalgia di SMAN 2 Padang

PADANG, forumsumbar — Wakil Walikota Padang Hendri Septa menjadi pembina upacara bendera di SMAN 2 Padang, Senin (19/8). Momen ini sekaligus mengingatkan Hendri kepada masa-masa ia sekolah dulu di SMAN 2 Padang. Bedanya, dulu sebagai murid, atau peserta upacara, sekarang sebagai Wakil Walikota Padang, pembina upacara.

“Saya seperti kembali ke rumah gadang sendiri dan mengingat masa-masa saat sekolah dulu di sini,” kata Hendri Septa, yang lulusan SMAN 2 Padang tahun 1995 itu, di hadapan para siswa.

Hendri Septa mengaku tidak menyangka bisa berdiri di hadapan siswa dan majelis guru. Tidak terbayang akan menjadi seperti sekarang. “Saya dulu culun. Alhamdulillah, sekarang bisa berdiri di sini sebagai wakil walikota. Ini karena jasa para guru dan utamanya kekuasaan Allah,” ujar Hendri Septa.

Ditambahkan Hendri, semua yang terjadi atas kehendak Allah, manusia hanya berusaha dan menjalani ketentuan-ketentuan yang telah digariskan. Sama halnya dengan tujuan menjalani pendidikan dan berusaha yang terbaik. Soal jadi apa nantinya yang jelas berguna bagi bangsa dan negara. “Tujuan akhir dari pendidikan terciptanya generasi yang unggul, berdaya saing serta berguna bagi bangsa dan negara,” ujarnya.

Ia kembali mengenang masa sekolah di SMAN 2 Padang. Kondisinya jauh berbeda dengan sekarang. Bangunannya baru ada beberapa saja. Ada lapangan yang luas. “Kondisinya jauh berbeda. Sekarang bangunannya sudah padat dan lapangannya sudah ditutup, dan bagus,” ulasnya.

Wawako berpesan, agar siswa SMAN 2 Padang giat belajar untuk mencapai apa yang dicita-citakan. “Kalian adalah generasi penerus bangsa. Suatu saat akan menjadi pemimpin, jadi walikota, jadi gubernur, jadi menteri, bahkan mungkin jadi presiden,” tukasnya.

Selain itu, siswa juga dinasehati agar berperilaku yang baik dan santun terhadap orang tua dan guru. “Hormati orang tua. Ridho Allah itu didapat karena ridho orang tua. Begitu juga dengan guru, harus dihormati, karena mereka orangtua kita juga,” ucapnya, dan tak lupa mengingatkan agar para siswa menjauhi narkoba dan tawuran.

Sementara itu, Kepala SMAN 2 Padang Syamsul Bahri mengatakan, sekolah ini telah banyak melahirkan orang-orang hebat, salah satunya Wawako Hendri Septa, kemudian Kapolda Sumbar Irjen. Pol. Fakhrizal, dan banyak lainnya. Peran para alumni itu sangat dirasakan dalam kemajuan sekolah, baik pembangunan fisik maupun support terhadap siswa.

“SMAN 2 Padang banyak melahirkan orang hebat, dan peran alumni turut menentukan kemajuan sekolah. Sebagai kepala sekolah, kami sampaikan ucapan terima kasih kepada para alumni yang telah membantu sekolah selama ini,” sebut Syamsul Bahri usai pelaksanaan upacara. (Rel)