PWNU Sumbar Bentuk Satgas NU-Peduli Covid-19, Fokus Bantu Masyarakat Miskin

PADANG, forumsumbar —Guna membantu pemerintah dan masyarakat dalam memerangi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Pengurus Wilayah (PW) Nahdlatul Ulama (NU) Sumatera Barat membentuk Gugus Tugas NU-Peduli Covid-19. Tak hanya tingkat Sumbar, semua Cabang PWNU juga diharapkan membentuk satgas yang sama dalam upaya mempercepat penanganan virus mematikan tersebut.

Sekretaris PWNU Sumbar Sulaiman Tanjung mengatakan, Minggu (5/4), pembentukan satgas ini sesuai dengan surat edaran PBNU kepada PWNU dan PCNU se-Indonesia.

“Menyikapi surat edaran PBNU tentang Satgas Covid-19 dan melihat perkembangan pandemi virus corona, maka PWNU gelar rapat secara online, dan terbentuk Gugus Tugas NU-Peduli Covid-19,” ucap Tanjung, demikian ia akrab dipanggil.

Disampaikan Tanjung, satgas ini akan bekerja semaksimal mungkin, menghimpun donasi dan mendata keluarga yang miskin terdampak pandemi virus corona di Sumbar.

“Saat ini kita fokus penggalangan sembako, nanti akan kita serahkan kepada yg berhak menerimanya. Kita targetkan, menjelang bulan puasa nanti bantuan sembako sudah bisa kita serahkan ke masyarakat, dengan harapan masyarakat lebih tenang menunaikan beribadah,” tambahnya.

Selain itu, lanjut Tanjung, seluruh PCNU se-Sumbar juga diminta membentuk Satgas Covid19 NU-Peduli di daerah masing-masing dan melakukan aksi yang sama guna membantu pemerintah dalam percepatan melawan Covid-19.

Termasuk menggalang dana dari para donatur untuk membantu masyarakat, khususnya pedagang kecil dan masyarakat miskin yang terdampak oleh berbagai kebijakan pemerintah sehingga mereka tidak bisa mencari nafkah.

Disebutkan Tanjung, pihaknya memang lebih memfokuskan kepada bantuan sembako, karena dalam kondisi seperti ini memang itu yang sangat dibutuhkan masyarakat.

“Ekonomi tidak bergerak karena masyarakat lebih banyak di rumah. Sehingga para pedagang kecil dan buruh harian sangat kesulitan mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup dia dan keluarganya. Dengan bantuan sembako ini, kita harapkan dapat meringankan beban masyarakat,” ungkap Tanjung.

Karena dengan bantuan sembako ini, tambahnya, diharapkan masyarakat khususnya pedagang kecil dan buruh harian dapat mengurangi aktivitas mereka di luar rumah. Dan ini sangat efektif dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19.

“Kita harapkan menjelang bulan suci Ramadan ini, bantuan sudah bisa kita serahkan kepada yang berhak menerimanya,” jelas Tanjung.

Surat Keputusan (SK) Tim Satgas NU-Peduli Covid-19 tingkat Sumbar telah ditandatangani oleh Ketua Tanfidziyah PWNU Sumbar Prof. Ganefri dan Sekretaris Sulaiman Tanjung. Gugus tugas ini diketuai oleh Irwandi dengan Sekretaris Hujaipah Dalimunthe, dengan anggota Gugus Tugas ini terdiri dari, Joben, Sulaiman Tanjung, Abdul Rivai, Thomas Febria, Rahmat Tk Sulaiman, Afriendi Sikumbang dan Ulil Amri.

(Rel/Ang)