Nyoblos Itu Terbuka Informasi Publik Sangat!!!

Oleh: Adrian Tuswandi

//forumsumbar//

HARI ini Indonesia memilih kepala daerah dan wakil kepala daerah pada rejim Pilkada serentak nasional.

Sejak jam 07.00 Wib sampai pukul 13.00 Wib pemilih terdaftar dan berhak mendatangi TPS menunaikan hak pilih sebagaimana diatur konstitusi negara Republik Indonesia.

Tahapan nyoblos dan penghitungan suara di TPS sampai berjenjang membuktikan demokrasi bernama Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) terbuka informasi publik.

Semua prosesnya terbuka mulai mendaftar dan memverifikasi data pemilih di TPS ada saksi ada pemantau dan menerapkan protokol kesehatan (TPS 02 Simpang Haru Padang Timur Kota Padang). Hanya satu yang masuk kategori informasi dikecualikan atau rahasia yakni siapa pasangan calon (paslon) yang kita coblos.

Ya, terbuka informasi publik itu ada di tahapan mencoblos dan menghitung suara di TPS. Saat penghitungan pun semua orang bisa mengetahui dan saksi serta pengawas TPS sudah pasti ikut melihat keterbukaan itu. Sulit celah tertutup informasi di tahapan ini untuk ditutup-tutupi.

Artiya keterbukaan informasi di tahapan ini menandai bahwa asa keterbukaan merupakan syarat penting dari pelaksanaan pilkada.

Sehingga itu dengan metode yang terbuka seperti disebut di atas tentu akan meniadakan kecurangan dari pemilihan kepala daerah. Dan tentunya para calon serta tim pemenangnya harus siap menang dan siap kalah.

Dan keterbukaan di tahapan ini tentu menjadi perhatian pendukung paslon untuk tidak ada lagi perdebatan. Ayo rekat perbedaan dukungan selama ini. Kita sudah berlaga di pentas demokrasi tentu hasil dari game politik ini kita maknai dengan rasa persaudaraan dan persatuan kembali untuk satu tujuan demokrasi sejahterakan rakyat dengan hasil pemimpin peraih suara rakyat terbanyak. Salam demokrasi dan salam gembok terbuka. *)

Penulis adalah Wakil Ketua Komisi Informasi (KI) Sumbar