Sekjen DPD RI Reydonnyzar Moenek Terima Penghargaan Satyalencana Wira Karya

JAKARTA, forumsumbar —Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyerahkan penghargaan Satyalencana Wira Karya kepada Sekjen DPD RI Dr. Drs. Reydonnyzar Moenek, M.Devt.M, Kamis (1/10), bertempat di Ruang Delegasi Pimpinan DPD RI, Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen Senayan.

Reydonnyzar Moenek merupakan seorang pamong senior yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal DPD RI sejak 9 November 2018 menggantikan Sudarsono Hardjosoekarto. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Wakil Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) sejak 6 Maret 2017 hingga 4 November 2018.

Reydonnyzar Moenek yang alumni IPDN ini juga pernah menjadi Juru Bicara dan Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri. Serta pada tahun 2015-2016 ditugaskan oleh Mendagri Tjahjo Kumolo menjadi Pj Gubernur Sumbar.

Dalam petikan putusan Presiden RI atas penghargaan Satyalencana Wira Karya, Reydonnyzar Moenek dinilai telah berjasa berperan aktif dalam pemerintahan daerah melalui kebijakan anggaran dengan mengubah struktur anggaran, memberdayakan filosofi masyarakat Minangkabau (tigo tali sapilin dan tigo tungku sajarangan) dalam pengambilan keputusan pemerintahan daerah.

Kemudian ikut berperan serta mempercepat penyelesaian Masjid Raya Sumbar, sehingga kualitas pelayanan publik meningkat dan tercipta harmonisasi penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Adapun Satyalencana Wira Karya, adalah sebuah tanda penghargaan yang dikeluarkan dan diberikan kepada warga negara Indonesia yang telah sangat berjasa dan berbakti kepada bangsa dan negara. Penghargaan dapat diberikan secara anumerta.

Ketua DPD RI, LaNyalla Matalitti dalam sambutannya mengatakan melalui penyerahan Satyalencana dan Kenaikan Pangkat ini diharapkan akan dapat memberikan semangat baru bagi PNS di lingkungan Sekretariat Jenderal DPD RI untuk lebih meningkatkan kinerja dan profesionalisme, serta mengembangkan kompetensi yang dimiliki dengan tetap menjunjung tinggi integritas.

“Saudara-saudara dapat mengemban tugas sebagai kepercayaan dan amanah yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan semakin termotivasi untuk dapat bersinergi dalam rangka mendukung peran Sekretariat Jenderal sebagai supporting system dalam pemberian dukungan administrasi dan keahlian bagi pelaksanaan wewenang, tugas, dan fungsi DPD RI,” ujarnya.

Penyerahan penghargaan Satyalencana Wira Karya, Satyalencana Karya Satya, dan Kenaikan Pangkat bagi 82 ASN, pejabat dan pegawai, di Lingkungan Sekretariat Jenderal DPD RI itu, dilaksanakan berbarengan dengan peringatan acara HUT DPD RI ke-16.

Selain Sekjen DPD RI Reydonnyzar Moenek, penghargaan Satyalencana Wira Karya diberikan juga kepada Deputi Bidang Administrasi DPD RI, Adam Bachtiar, S.H., M.H.

Sementara itu, penghargaan Satyalencana Karya Satya diberikan kepada 80 (delapan puluh) orang yang terdiri atas 10 orang dengan masa kerja 30 tahun.

Perwakilan penerima penghargaan adalah Deputi Bidang Persidangan, Ir. Sefti Ramsiaty, M.M. dan Kepala Biro Umum, Dr. Rahman Hadi, M.Si. 6 orang dengan masa kerja 20 tahun yang diwakili oleh Kukuh Zaldhy, S.H., M.Si. dan Syahril Rozali, S.A.P.

Kemudian 64 orang dengan masa kerja 10 tahun diwakili oleh Budi Fitra Helmi S.S., Bani Arofah, S.H., M.H. dan Ade Tantrie Puspita, S.Sos. Sebanyak 1 orang pegawai juga mendapatkan kenaikan pangkat dari Penata Tk.I, III/d menjadi Pembina, IV/a, Eko Prasetyo.

(Rel/DPD)