Taslim: RUU HIP Terlalu Dipaksakan di Saat Semua Fokus Atasi Pandemi Covid-19

PADANG, forumsumbar —Polemik mengenai dibahasnya Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP) membuat banyak pihak menolak proses tersebut.

Menurut mantan Anggota DPR RI Taslim Dt Tambogo, SSi, SH, Selasa (16/5), RUU HIP yang merupakan hak inisiatif DPR tersebut terlalu dipaksakan di saat masyarakat sedang menghadapi wabah virus corona (Covid-19), dimana saat ini sangat berdampak pada perekonomian masyarakat.

Sebagaimana diketahui Covid-19 telah memporak-porandakan ekonomi dan tatanan kehidupan masyarakat. “Menurut saya DPR saat ini mesti bersama rakyat menghadapi ini, seperti mengawasi pemerintah dalam pelaksanaan program pencegahan penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Pokoknya, sebut Taslim, DPR jangan membuat kegaduhan politik dengan memaksakan RUU HIP, sebab ketidak-stabilan politik akan mempersulit perbaikan ekonomi.

“Sebaiknya DPR membatalkan RUU HIP itu karena selama hampir 75 tahun kita merdeka tidak ada persoalan dengan Pancasila,” kata bakal calon Bupati Agam ini.

Lebih lanjut disampaikan alumni FMIPA Unand ini, kalau itu ada pemberontakan PKI tapi Pancasila masih bisa menjaga keutuhan bangsa. “Jangan sampai RUU HIP membuka celah tumbuhnya kembali komunisme di Republik ini,” tegasnya.

Taslim berharap DPR dan Pemerintah fokus saja pada perbaikan ekonomi dan mencegah pandemi Covid-19.

(Ika)