Tol Pekanbaru-Bangkinang Sepanjang 40 Km Ditempuh Hanya 30 Menit

RIAU, forumsumbar — PT Hutama Karya (Persero) sedang menyelesaikan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang dengan total panjang 40 Km. Kini, untuk ruas sepanjang 30,7 Km hingga Gerbang Tol (GT) Bangkinang siap beroperasi.

Menurut Project Director Tol Pekanbaru-Bangkinang Bambang Eko perjalanan dari Pekanbaru menuju Bangkinang biasanya memakan waktu hingga 1 jam 30 menit menggunakan jalan nasional. Namun, kini lewat tol waktu yang dibutuhkan hanya 25-30 menit.

“Kalau kita lewat jalan nasional itu 1 jam 30 menit, tetapi kalau lewat tol sini hanya 20-25 menit. Itu tergantung masing-masing kecepatan pengemudi, tapi kalau kita sesuai dengan aturan jalan tol dengan 80 km/jam itu cuma 23 menit, atau maksimal 30 menit,” ujarnya, seperti dikutip dari detikcom, Rabu (21/9/2022).

Menurutnya, hal ini tentu akan memberi kontribusi besar terhadap perputaran ekonomi masyarakat sekitar karena mampu menghemat waktu tempuh. Oleh karena itu, ia berharap tol ini bisa segera dibuka secara fungsional.

“Jadi mudah-mudahan Tol Pekanbaru-Bangkinang ini bisa segera diresmikan dan dioperasikan sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,” ungkap Bambang.

Sekadar diketahui, progres terkini Tol Pekanbaru-Bangkinang untuk konstruksi bisa dibilang mencapai 84% dan belum rampung 100%. Sementara progres pembebasan lahan sekitar 86%.

Menurut Bambang, jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang dari STA 0+000 hingga GT Bangkinang total memiliki panjang 40 Km. Namun, hanya baru beroperasi sepanjang 31 Km lantaran sekitar 9 Km dari STA 0+000 sampai STA 9+300 masih dalam proses pembebasan lahan.

“Statusnya sedang dalam proses. Artinya kita sudah melakukan pekerjaan 3 km, tinggal yang sisa 6 km adalah tanah kehutanan. Pembebasan lahan sekarang sudah sekitar 86 persen,” jelas Bambang.

Kendati begitu, Bambang menegaskan, Tol Pekanbaru-Bangkinang ini sudah mengantongi sertifikat layak fungsi dan layak pakai dari Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR untuk ruas tol tersebut.

Sertifikat tersebut menandakan jalan bebas hambatan yang menghubungkan ibukota provinsi dan Kabupaten Kampar tersebut sudah tidak ada masalah dan siap digunakan

Sebelumnya, Tol Pekanbaru-Bangkinang sempat uji coba dibuka fungsional pada 26 April sampai 9 Mei 2022 untuk memudahkan masyarakat Riau yang akan mudik khususnya dengan tujuan Sumatera Barat. Tol tersebut dibuka pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Berdasarkan data Hutama Karya volume lalu lintas fungsional selama mudik lebaran tersebut total kendaraan yang melintas hingga 54.034. Hal ini menjadi catatan Hutama Karya bahwa jalan tol tersebut dapat memberi manfaat bagi masyarakat.

(Putrie)

Sumber : detikcom

Tinggalkan Balasan