Surya Tri Harto Siap Bawa IKA Unand Jadi Organisasi Alumni Terbaik di Indonesia

PADANG, forumsumbar —Calon Ketua Umum (Caketum) IKA Unand Surya Tri Harto (STH) siap membawa IKA Unand menjadi organisasi alumni terbaik di Indonesia, serta terpandang dalam ruang lingkup regional dan internasional.

Hal tersebut menjadi visi STH dalam membangun organisasi alumni IKA Unand ke depan, dan sudah disampaikan secara runut saat penyampaian visi misi di hadapan panitia Kongres VI IKA Unand, dan ratusan alumni lainnya, secara daring tempo hari.

Di samping visi, sebut STH, misinya menggalang kontribusi sumber daya alumni melalui institusionalisasi, dengan memperkuat solidaritas antar alumni dan sivitas akademika, serta menginspirasi alumni dan masyarakat untuk memberikan sumbangan pemikiran dan aksi nyata untuk almamater dan kejayaan bangsa.

“Sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) tertua di luar Pulau Jawa, sudah seharusnya organisasi Alumni Unand menjadi terdepan di Indonesia, sama dengan perguruan tinggi negeri lainnya di Pulau Jawa,” ujar STH, yang merupakan Alumni Fakultas Teknik Unand angkatan 1985 ini, Rabu (28/7).

Karena selama ini telah berkutat dengan organisasi alumni, mulai dari Ketua Umum DPP Keluarga Alumni Fakultas Teknik Universitas Andalas (KATUA), dan Wakil Ketua Umum / Ketua Harian DPP IKA Unand, bagi STH mengurus organisasi alumni KATUA maupun IKA Unand sudah mendarah daging.

Bahkan tak tanggung-tanggung, STH sudah menyiapkan program strategis untuk 100 hari kerja.

“Agar langkah IKA Unand ke depan menjadi terukur, maka kita sudah siapkan program kerja 100 hari pertama, yang akan menjadi tolok ukur kepengurusan ke depan,” ujar STH, yang saat ini merupakan salah seorang petinggi di PT Pertamina.

Tetapi, lanjut STH, semuanya itu tentu tidak terlepas dari dukungan semua pihak, mulai dari alumni maupun sivitas akademika Unand.

“Kebersamaan inilah yang mau kita bangun. Dengan Kongres VI IKA Unand ini, mudah-mudahan menjadi ajang pemersatu alumni,” ucap STH, dan menekankan bahwa keikutsertaannya untuk “Basandiang duduak jo tagak, Batandiang cari dunsanak”.

Visi, Misi dan Program Kerja STH. (Foto : Dok)

Visi, Misi dan Program Strategis

Visi
Menjadi organisasi alumni terbaik di Indonesia serta terpandang dalam ruang lingkup regional dan internasional yang berperan aktif mendukung pengembangan sumber daya manusia unggul.

Misi
Menggalang KONTRIBUSI sumber daya alumni untuk almamater, melalui INSTITUSIONALISASI tata kelola organisasi yang baik, memperkuat SOLIDARITAS antar sesama alumni dan antara alumni dengan unsur sivitas akademika lainnya serta meng-INSPIRASI alumni dan masyarakat untuk memberikan sumbangan pemikiran dan melakukan aksi nyata untuk almamater, untuk kejayaan bangsa, serta untuk kemanusiaan.

Program Strategis

KONTRIBUSI
Landmark Kontribusi Fisik dari Alumni untuk almamater.
• Pengelolaan Kontribusi Program dan Alumni untuk Almamater

INSTITUSIONALISASI
Roadshow pembentukan DPD, DPC dan Chapter Regional maupun Internasional.
• Pembentukan Badan AdHoc untuk kegiatan spesifik
• Penguatan Visi, Misi dan Kelembagaan YPDA/Unidha

SOLIDARITAS
• Almamater menyapa
• Kolaborasi milenial dan lintas generasi
• Sekretariat bersama organisasi Alumni Unand
• Silaturahmi tahunan bergilir

INSPIRASI
• IKA Unand Call for Paper
• Anugerah IKA Unand
• Wisata inspiratif Alumni (post covid).

PROGRAM KERJA 100 HARI PERTAMA

1. Gerakan bersama Alumni menumbuhkan kesadaran dan disiplin protokol kesehatan.
2. Pembentukan Badan Pengelola Data, Informasi dan Komunikasi Digital IKA Unand
3. Pembentukan Badan Anugerah dan Penghargaan IKA Unand.
4. Pencanangan Sekretariat Bersama IKA Unand.
5. Pencanangan IKA Unand Call for Paper.

Baliho STH banyak terpasang di Kota Padang. (Foto : Ika)

Sekilas STH

Surya Tri Harto (STH) merupakan Praktisi Perminyakan, alumnus Fakultas Teknik Universitas Andalas Angkatan Tahun 1985.

Ia menyelesaikan program pendidikan eksekutif General Management Program pada Harvard Business School, Executive Education di Boston, Amerika Serikat Tahun 2012, serta Global Executive Development Program di INSEAD, Singapura Tahun 2014.

Dalam pendidikan akademik lanjutan, Ia telah menyelesaikan Pendidikan Magister pada Program Magister Teknik Universitas Indonesia di Jakarta Tahun 2002 serta Master of Business Administration pada Program Master of Management Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta Tahun 2009,

Sebagai praktisi perminyakan ia telah menjalani berbagai penugasan yang memperkaya dirinya dengan berbagai pengetahuan, keterampilan dan pengalaman baik di dalam maupun di luar negeri di bidang Engineering, Project Management, Operation Management, Supply Chain Management, Sales & Marketing, Strategic Planning, Business Development, Business Partnership & Negotiation Management serta Leadership.

Semasa kuliah di Fakultas Teknik Universitas Andalas, ia pernah menjadi Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Andalas tahun 1987 – 1990. Ia dipercaya memimpin Keluarga Alumni Fakultas Teknik Universitas Andalas (KATUA) – organisasi alumni Fakultas Teknik Universitas Andalas – sejak terpilih sebagai Ketua Umum dalam Kongres Nasional I KATUA pada tahun 2005 dan Kongres Nasional II KATUA pada tahun 2010. Saat ini ia dipercaya menjadi Ketua Dewan Pakar KATUA untuk periode 2015-2020. Disamping itu, ia saat ini adalah Wakil Ketua Umum/Ketua Harian, Ikatan Alumni Universitas Andalas hasil Kongres bulan Desember 2016.

(Ika)