Sosialisasikan Pilkada, Penyandang Disabilitas Merasa Dihargai KPU Sumbar

PADANG, forumsumbar — Setelah sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar melakukan sosialisasi Pilkada Serentak 2020 dengan Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) atau masyarakat berkebutuhan khusus.

Hari ini, Sabtu (28/11), KPU Sumbar kembali gelar sosialisasi kepada kelompok Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) di sebuah hotel Padang.

Sekitar 50 orang peserta dari Gakertin tampak antusias mengikuti acara sosialisasi, dengan menyimak setiap penyampaian yang diutarakan Kordiv Sosialisasi dan Parmas KPU Sumbar Izwaryani, meski melalui penerjemah isyarat.

Izwaryani menyampaikan, untuk memenuhi hak-hak konstitusi bagi masyarakat, utamanya berkebutuhan khusus, pihak KPU tidak pernah membedakan, bahkan akan memprioritaskan sesuai regulasi yang telah disediakan.

Dengan panjang lebar Izwaryani memberikan pemahaman akan hak dari peserta, baik protokol kesehatan dan tata cara yang telah disediakan oleh pihak KPU di setiap TPS.

“Kami sebagai penyelenggara tetap akan memberlakukan kesetaraan penggunaan hak pilih pada siapa saja, baik masyarakat normal mapun yang berkebutuhan khusus atau disabilitas”, ujarnya.

Ketua DPD Gakertin Sumbar Feri Naldi, di kesempatan acara mengungkapkan bahwa sosialisasi KPU sangat diharapkan sekali, dengan adanya acara sosialisasi tersebut, ia menyambut dengan antusias atas kepedulian pada kelompok disabilitas.

Feri Naldi berharap KPU lebih gencar melakukan sosialisasi kepada kelompok disabilitas, dikatakannya sosialisasi juga harus diselenggarakan di seluruh kabupaten dan kota.

“Harapan kita tentunya KPU lebih masif lagi melakukan sosialisasi terhadap kelompok keterbatasan pendengaran (tunarungu) dan menyediakan penerjemah bahasa isyarat di TPS”, ujarnya.

Acara sosialisasi semakin seru dengan adanya kuis, bagi peserta yang bisa menjawab pertanyaan, KPU memberikan hadiah bermacam souvenir.

(Rel/Nov)