Kluster Pilkada Agam, Dua Orang Bacalon Bupati Positif Corona

AGAM, forumsumbar — Kabupaten Agam buncah terutama di ibukota Lubuk Basung, dimana setiap area publik ramai pembicaraan warga soal dua bakal calon (bacalon) Bupati Agam terkonfirmasi positif berdasarkan hasil tes Swab di Labor FK Unand Padang.

Dua bakal calon Bupati Agam, Trianda Farhan dan Andri Warman terkonfirmasi positif Covid-19, diketahui ketika mereka melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUP M Djamil Padang.

Informasinya, saat ini ada 5 bakal calon kepala daerah dari 98 calon kepala daerah dan wakilnya yang mendaftar ke KPU provinsi dan kabupaten / kota di Sumbar, terpapar virus corona.

Seperti diketahui, resahnya masyarakat Lubuk Basung dan Agam umumnya dengan informasi positif Covid-19 kedua calon Bupati Agam ini, karena sehari sebelumnya, Minggu (6/9), keduanya mendaftar ke KPU Agam dengan membawa massa yang cukup banyak.

“Khusus untuk komisioner dan staf KPU Agam, Senin (7/9) siang tadi telah dilakukan tes Swab di Puskesmas Lubuk Basung,” ujar Sekretaris KPU Agam Adly Mulyadi.

Hal yang sama disampaikan Bawaslu Agam, bahwa pihaknya juga segera tes Swab.

“Rencana hari ini (Senin ; red), tapi karena hari sudah sore dan tenaga pengambil sampel Swab di Puskesmas Lubuk Basung sudah lelah, untuk Bawaslu Agam besok Selasa jam 09.00 wib, pengambilan spesimen Swab-nya,” ujar Ketua Bawasu Agam Elvis Senin malam.

Namun yang jadi permasalahan itu, keresahan di tingkat masyarakat. Pasalnya, saat pendaftaran di hari terakhir, Minggu (6/9) kemaren, Paslon Bupati dan Wakil Bupati Agam, Andri Warman dan Irwan Fiktri serta Trianda Farhan dan M. Kasni, mendatangi KPU Agam diantar ratusan kader partai pendukung dan simpatisannya.

Ondeh kalau di Swab massal, pasti banyak nan kanai corona ko mah,” ujar seorang warga di Ampek Angkek Agam.

(Rel/Ad)