Bupati Sijunjung, Mulai Senin Posko Induk Penanganan Covid-19 Sudah Aktif

SIJUNJUNG, forumsumbar —Bupati Sijunjung melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sijunjung Zefnihan mengharapkan Senin depan Posko Induk Penanganan Covid-19 sudah mulai aktif dan efektif.

Hal tersebut diungkapkan saat rapat dengan tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sijunjung, Kamis (30/4), di Operation Room Kantor Bupati, yang mana saat ini dijadikan sebagai Posko Induk.

“Jadi dengan adanya posko induk, jika ada orang yang menanyakan data, sekarang sudah terpusat di posko induk atau terdata di posko induk,” ujar Zefnihan.

Menurut Sekda Zefnihan, posko induk juga akan dilengkapi data perkembangan kasus Covid-19, seperti jumlah warga yang teridentifikasi sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Positif Covid-19, serta seluruh informasi terkait Covid-19.

Ia menekankan setiap perkembangan data, baik itu data pokok dan data bergerak, perharinya terkait Covid-19 harus diinputkan ke PC dan ditampilkan setiap perkembangannya tersebut melalui monitor.

Untuk piket rutin posko induk, sebut sekda, diharapkan hadir satu orang per bidang atau tergantung kebutuhan. “Dan yang ditugaskan piket harus yang bisa memberi informasi dengan dengan baik dan benar,” tukasnya.

Kemudian, ia mengimbau kepada petugas di posko perbatasan dan yang bertugas sampai ke nagari-nagari harus melaporkan setiap hari, baik itu sarana fasilitas dan logistik masuk ataupun temuan di posko perbatasan, untuk dilaporkan ke posko induk.

“Untuk BPBD dan Satpol PP piket di posko induk 24 jam dan akan disediakan tempat istirahat melalui bagian umum,” pungkasnya”.

(Novfiandry)