Deputi Lemhanas RI Prof Reni Mayerni: Jadilah Pejuang, Stay at Home

JAKARTA, forumsumbar —Kekhawatiran semakin merebaknya wabah virus corona (Covid-19) telah membuat banyak pihak angkat bicara, tak ketinggalan tokoh perempuan Minang Prof Reni Mayerni, yang saat ini menjabat Deputi Pengkajian Strategik di Lembaga Ketanahan Nasional Republik Indonesia (Lemhanas RI).

Melalui pesan video yang berdurasi 26 detik, yang beredar di fesbuk dan grup-grup WhatsApp (WA), Guru Besar Fakultas Pertanian Unand itu meminta semua masyarakat agar bisa menjadi pejuang di dalam pencegahan Covid-19.

“Sayangi keluarga dengan tinggal di rumah saja. Kita dukung pemerintah. Kita dukung tenaga medis. Dan jadilah pejuang untuk diri sendiri, untuk keluarga, dan untuk masyarakat dengan tinggal di rumah saja. Stay at home,” ujarnya singkat.

Sebenarnya beberapa hari ke belakang, Prof Reni Mayerni, yang juga menjabat Sekjen Dewan Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Alumni Universitas Andalas (DPP IKA Unand), telah pula menginisiasi pengumpulan donasi dari alumni Unand dan partisipan lainnya.

Dana yang terkumpul puluhan juta kemudian digunakan untuk membuat hand sanitizer secara massal di laboratorium FMIPA dan Fateta Unand. Kemudian dibagi-bagikan oleh Tim IKA Unand Peduli ke mahasiswa, dosen, pegawai di Unand dan Unidha serta masyarakat lainnya.

Sebagai seorang perempuan Minang yang berlatar belakang akademisi, Prof Reni Mayerni telah menunjukkan kepeduliannya terhadap pencegahan meluasnya Covid-19, khususnya terhadap almamaternya Unand, dan masyarakat di Ranah Minang.

(IK)