Jalan Sunyi Komunitas Sedekah Seribu Sehari (S3) Nagari Buo Tanah Datar

TANAH DATAR, forumsumbar —Kepedulian terhadap sesama itu tidak mengenal batas. Itulah yang ditunjukkan oleh komunitas Sedekah Seribu Sehari (S3) yang berposko di Nagari Buo Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar.

Dalam pergerakannya S3 telah memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu, lansia, jompo, kemudian mereka yang memiliki keterbelakangan mental, serta korban pelecehan seksual.

S3 yang diinisiasi oleh Sri Candra Nurlaili (Iis) dan teman-temannya itu, saat ini mengontrak sebuah rumah dengan sewa Rp3 juta per tahun. Di mana di rumah tersebut saat ini tinggal 7 anak-anak yang tidak punya biaya sekolah, serta 3 orang janda terlantar.

FOTO –Dokumentasi foto-foto kegiatan S3 terlihat di posko mereka. (Foto : Rizky)

Menurut Rizky Syarif, tokoh muda Lintau yang menyampaikan hal ini ke forumsumbar.com melalui WhatsApp, Sabtu (13/3), S3 tidak lah LSM atau ormas, namun lebih semacam kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan bantuan.

S3 ini, lanjut anggota Badan Permusyawaratan Rakyat Nagari (BPRN) Pangian itu, mendapatkan dana dari donatur dan dermawan yang mau menyumbang. “Mereka ini pernah mencarikan biaya untuk operasi tumor ganas salah seorang warga Lintau, dan balita kurang gizi,” ujar Rizky.

Terakhir, Rizky menyampaikan harapan Sri Candra dan kawan-kawan dari S3, agar Pemprov Sumbar dan Pemkab Tanah Datar dapat melihat langsung apa-apa yang telah dilakukan S3 selama ini. “Dan bagi yang ingin beramal, silahkan datang langsung ke Nagari Buo, atau hubungi Sri Candra di nomor 081266215772,” ucap Rizky, yang juga Sekretaris Forum Literasi Kabupaten Tanah Datar.

(Ceng)