Hebat, Indonesia Nihil Kasus Virus Corona

MALAYSIA, forumsumbarCrisis Preparedness and Response Centre (CPRC) atau Kementerian Kesehatan Malaysia, Minggu (1/3), merilis ada 61 negara yang sudah ditemukan kasus virus corona (covid-19), dengan total jumlah kasus 86.283 dimana jumlah kematian 2973 orang, dan yang telah dapat disembuhkan sebanyak 42.294 orang.

Hebatnya, dari 61 negara yang telah ditemukan kasus virus corona, ternyata Indonesia tidak ada dalam daftar yang dikeluarkan CPRC dan World Health Organization (WHO) tersebut, atau belum ada ditemukan kasus virus mematikan tersebut di Indonesia. Hal itu seiring dengan pernyataan Menkes RI Terawan, bahwa Indonesia masih nihil kasus virus corona.

Data kasus virus corona yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan Malaysia. (Foto : Dok)

Negara yang banyak kasus kematian akibat virus corona itu China, dimana sebanyak 2873 orang meninggal dengan kasus sebanyak 79.968, menyusul Iran 43 orang meninggal (593 kasus), Italia 29 orang (1128 kasus), dan Korsel 17 orang meninggal (3526 kasus). Kemudian Jepang, 2 meninggal (241 kasus), dan tak ketinggalan Perancis 2 orang meninggal (100 kasus), serta Amerika Serikat 1 meninggal dari 71 kasus.

Imbauan Pemprov Sumbar untuk waspada terhadap virus corona. (Foto : Dok)

Walaupun sampai saat ini Indonesia belum terdapat kasus virus corona, tetapi dituntut kesiapsiagaan pemerintah di dalam mengantisipasi dan menanggulanginya. Beberapa pemerintah daerah telah mengeluarkan imbauan agar masyarakat waspada terhadap penularan virus corona tersebut, termasuk Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. (Ik)