Irman Gusman Sudah Suarakan Pemindahan Ibukota ke Luar Jawa Sejak Dulu

PADANG, forumsumbar —Pascakeluarnya keputusan Presiden Jokowi tentang pemindahan ibukota negara ke Kalimantan, mendapat tanggapan positif dari berbagai kalangan. Walaupun dimana Kalimantan-nya akan diumumkan Agustus ini, tapi keputusan tersebut merupakan sejarah baru dalam perjalanan pemerintahan RI.

Wacana pemindahan ibukota negara ke luar Jawa sebenarnya sudah disuarakan juga oleh mantan Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Irman Gusman sejak dulu. Suatu ketika saat menerima kunjungan Gubernur DKI Jakarta Jokowi ke DPD RI, Irman Gusman pernah menyampaikan hal itu, seperti dikutip di laman republika.co.id yang terbit tanggal 21 Januari 2013.

Saat itu, Jokowi diterima pimpinan DPD RI yakni Irman Gusman (Ketua) dan La Ode Ida (Wakil Ketua), didampingi anggota DPD RI dari DKI Jakarta di antaranya AM Fatwa (alm), Supardi, dan Visi Effendy, serta Wakil Ketua MPR RI dari Kelompok DPD RI Ahmad Farhan Hamid.

Menurut Irman, pembangunan gedung pemerintahan dan pusat bisnis yang terus dibangun di Jakarta, menyebabkan bebannya menjadi sangat berat dan daya dukung lahannya sudah tidak memadai. “Konsekuensinya terjadi kemacetan arus lalu lintas serta banjir pada musim hujan,” katanya.

Jika pusat pemerintahan dipindah ke wilayah lain dan Jakarta hanya menjadi pusat bisnis, Irman optimis kemacetan arus lalulintas serta banjir di Jakarta akan bisa diatasi. ”Yang pindah itu pusat pemerintahannya, dan Jakarta hanya sebagai kota bisnis saja,” tegas Irman.

Diungkapkan Irman, DPD RI pun telah mengusulkan pemindahan pusat pemerintahan ke Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan pemerintah pun sudah membentuk tim untuk mengkaji apa perlu pusat pemerintahan dipindahkan dari Jakarta.

”Wacana pemindahan ibukota negara ini kan juga sudah lama, bahkan sudah sejak zaman Presiden Sukarno yang pernah menginginkan ibukota negara sebagai pusat pemerintahan pindah ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah,” jelasnya.

Pemindahan ibukota negara bukanlah hal yang tidak mungkin, mengingat situasi dan kondisi kota Jakarta. ”Kenapa tidak mungkin ibukota negara pindah? Bisa pindah ke wilayah Barat atau Timur, itu kan tergantung kesepakatan antara pemerintah dan DPR RI” terang Irman.

Menurut Irman, sudah sejak lama pihaknya mendorong Pemerintah Pusat untuk memindahkan pusat pemerintahan ke luar Jawa. ”DPD RI sejak periode sebelumnya, sudah mendorong agar dilakukan pemindahan ibukota,” ujar Irman, saat itu. (IK)

Foto : Thomas Anderson