Serius Maju, Ashelfine Daftar Jadi Calon Bupati ke PAN, Gerindra dan PPP Sijunjung

SIJUNJUNG, forumsumbar —Pilkada Sijunjung 2020 mulai memasuki tahapan pendaftaran calon bupati dan wakil bupati ke partai-partai politik. Jumat (1/11), di Muara Sijunjung, calon bupati Ashelfine mendaftar sebagai calon bupati ke Partai Amanat Nasional (PAN).

Ketua DPD PAN Sijunjung itu, walaupun di partai sendiri, tetap mendaftar sesuai dengan petunjuk pelaksanaan (juklak) yang telah digariskan DPP PAN. “Setelah pertemuan dengan Ketum dan Sekjen DPP PAN beberapa waktu yang lalu, maka dinstruksikan kepada DPD dan DPW PAN yang ikut pilkada tahun 2020, agar membuka pendaftaran,” ujar Pepeng, demikian panggilan akrab Ashelfine.

Ashelfine mendaftar sebagai calon bupati ke PAN Sijunjung. (Foto : Dok)

Bukan ke PAN saja Ketua Askab PSSI Sijunjung itu mendaftar sebagai calon bupati, ke Partai Gerindra dan PPP Sijunjung Ashelfine ikut mendaftar. “Karena PAN tidak bisa sendirian mengusung, maka perlu membangun komunikasi dengan partai-partai politik yang ada di DPRD Sijunjung. Untuk itu lah kita mendaftar ke Partai Gerindra dan PPP,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui dari 30 total kursi di DPRD Sijunjung, ada 11 partai politik yang memperoleh kursi, yakni Partai Gerindra 4 kursi, PAN 3, PKB 3, Golkar 3, Nasdem 3, PKS 3, PPP 3, Partai Demokrat 3, PDIP 2, Perindo 2 dan PBB 1 kursi. Dan untuk mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati dibutuhkan minimal 6 kursi, 20% dari total 30 kursi.

Ashelfine mendaftar sebagai calon bupati ke PPP Sijunjung diterima Ketua PPP Alfian Kasir dan pengurus launnya. (Foto : Dok)

“Tidak satu pun partai politik yang bisa sendirian mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati, makanya sebagai calon bupati dan sekaligus Ketua PAN, kita harus membangun komunikasi yang intens dengan partai lainnya guna menyamakan persepsi, dan visi mengenai membangun Kabupaten Sijunjung yang lebih baik lagi ke depan,” ujar Pepeng, yang berprofesi sebagai notaris itu.

Pilkada Sijunjung 2020 ke depan merupakan ulangan bagi Ashelfine, sebab pada Pilkada Sijunjung 2015 lalu ia pernah ikut dan hampir mengalahkan pasangan Yuswir -Arrival Boy yang sekarang menjadi Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung. Nasib baik belum berpihak pada Ashelfine pada saat itu.

Selama hampir lima tahun ini, Ashelfine tetap menjaga hubungan baik dengan semua elemen masyarakat “Bumi Lansek Manih”, jadi tidak salah banyak pihak mengadang-gadang Ashelfine pantas untuk menggantikan kepemimpinan Bupati Yuswir yang tidak bisa lagi maju karena sudah dua periode. (IK)