Buchari Bachter Beberkan Peluang Usaha Pariwisata Sumbar Jelang VBWS 2023

PADANG, forumsumbar —-Pelaksanaan Musyawarah Provinsi (Muprov) Kadin Sumbar tinggal menghitung hari, yakni dilaksanakan Senin 26 September 2023, dan rencananya dibuka Ketum Kadin Pusat di Padang.

Jelang beberapa hari Muprov itu, Caketum Kadin Sumbar Buchari Bachter menunjukkan kelasnya sebagai pemimpin pengusaha. Buchari sangat mengalir menyampaikan bulir-bulir pikirnya pada Focus Group Discussion (FGD) persiapan Visit Beautiful West Sumatera 2023 (VBWS 2023).

“Bernas dan reliabel sekali ide Pak Ai (sapaan akrab Buchari Bachter :Red). Pas dan pantas jadi Ketum Kadin Sumbar nih,” celetuk peserta FGD di Aula Kantor Gubernur Sumbar, Jumat (23/9/2022).

Buchari berkolaborasi pemikiran dengan pakar pariwisata lainnya, para pembicara membocorkan strategi menarik di FGD Pariwisata dan Peluang Investasi Sumbar dengan tema “Optimalisasi Event/Festival dan Peluang Investasi Menuju Penyelenggaraan Visit Beautiful West Sumatera 2023″.

Apalagi Panca sebagai moderator cukup lihai menggali pemikiran para pakar untuk ditumpahkan di FGD tersebut.

Buchari Bachter yang merupakan Direktur Hotel Balairung itu membeberkan peluang usaha industri pariwisata menjelang VBWS 2023.

Menurut Ai, saat ini industri pariwisata Sumbar di bidang perhotelan sudah mulai bergairah kembali, apalagi Balairung ikut berperan sebagai jembatan investor dalam pengembangan pariwisata Sumbar.

FOTO BERSAMA –Narasumber FGD berfoto bersama. (Foto : Adr)

“Saat ini yang kita butuhkan sinergisitas antara semua pihak, baik stakeholder maupun pihak swasta sehingga melahirkan regulasi yang tepat bagi industri pariwisata. Kita ingin output-nya bukan hanya promosi pariwisata saja, tapi pengembangan  pariwisata baru yang memicu pergerakan ekonomi di Sumbar”. ujar Ai.

Ai mengajak seluruh pelaku industri pariwisata untuk ikut menyukseskan seluruh VBWS 2023 dengan menghadirkan iven berkelas khas Sumbar yang tidak ada di tempat lain.

Sedangkan Ketua BPPD Sari Lenggogeni juga membocorkan hasil riset yang dilakukan oleh tim kerja tahun kunjungan Wisata Sumbar dimana saat ini diketuai oleh Raseno Arya, bahwa ada beberapa iven yang sangat diminati oleh wisatawan domestik.

“Pengunjung pariwisata di Sumbar dominan dengan road trip, dimana mereka bisa menghabiskan beberapa waktu untuk spending money dengan menikmati destinasi wisata juga iven unik dan kita juga melakukan research terkait iven apa saja yang paling diincar wisatawan saat berkunjung ke suatu daerah,” ujar Sari.

Sari mengungkapkan iven olahraga merupakan acara yang paling diminati selain iven otomotif, budaya dan musik.

“Dalam rangka mempersiapkan  VBWS 2023, BPPD juga ikut menyukseskan keputusan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, menjadikan  Sumbar tuan rumah World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) pada 2023 mendatang,” ujar Sari.

Ikut menghadiri secara online pembicara FGD Ketua Tim Kerja Tahun Kunjungan Wisata Sumbar Roseno Arya, serta hadir secara offline Remon perwakilan Dispar Provinsi Sumbar dan Yenni perwakilan Dinas PMPTSP Sumbar.

(Rel/Adr)

Tinggalkan Balasan