Adrian Tuswandi Launching Buku Bahas A-Z Keterbukaan Informasi Publik

PADANG, forumsumbar—Dinamika keterbukaan informasi publik di Komisi Informasi (KI) Sumbar dibukukan oleh komisioner Adrian Tuswandi, dengan judul “Vonis Sengketa Informasi Publik” Komisi Informasi Sumatera Barat (2014-2021), dimana launching-nya diadakan, Rabu (26/1), di Cafe Kupi Batigo, Padang.

Disampaikan Toaik, demikian Adrian Tuswandi akrab disapa, buku ini dipersembahkan agar masyarakat dan badan publik lebih memahami keterbukaan informasi publik, dan juga sekalian memasifkannya, khususnya di Sumbar.

“Di samping memuat putusan, ada juga di dalam buku, informasi mengenai aturan tentang keterbukaan informasi publik, serta bagaimana SOP di Komisi Informasi untuk penyelesaian sengketa informasi,” ujar Komisioner KI Sumbar Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi (PSI) ini.

Lebih lanjut disampaikan Toaik, yang merupakan Komisioner KI Sumbar dua periode, buku ini dibuat secara mandiri tanpa memakai dana APBD. Untuk itu, dia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terbitnya buku tersebut.

Sementara Nofal Wiska, Ketua KI Sumbar mengapresiasi terbitnya buku ini, dan diharapkan bisa memberikan literasi bagi masyarakat sehubungan dengan implementasi UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

PENULIS –Penulis buku Adrian Tuswandi dan buku Vonis Sengketa Informasi Publik” Komisi Informasi Sumatera Barat (2014-2021). (Foto : Riko)

“Buku ini bisa menjadi panduan bagi siapa saja yang ingin mengetahui tentang keterbukaan informasi publik, dan apa saja keputusan yang telah dihasilkan oleh Komisi Informasi Sumbar,” terang Nofal.

Untuk bersengketa informasi, lanjut Nofal, di samping butuh literasi juga memakan waktu. Menurutnya, butuh waktu hampir tiga bulan untuk bersengketa informasi, sampai menghasilkan keputusan yang disetujui oleh para pihak.

“Jadi dengan adanya buku ini bisa memberikan informasi kepada masyarakat yang ingin bersengketa, dan juga badan publik yang menjadi termohon,” tukasnya.

Di samping dihadiri para wartawan, hadir juga Ketua FJKIP Sumbar Gusriyono, dan Wakil Ketua KI Sumbar Arif Yumardi yang berkesempatan menyerahkan buku secara simbolis ke Kepala Humas PT Semen Padang Anita, dan perwakilan wartawan.

Pada buku setebal 202 halaman itu, turut memberikan testimoni, Anggota DPR RI Hj Nevi Zuairina, Anggota DPRD Sumbar HM Nurnas, General Manajer PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Barat Toni Wahyu Wibowo dan Asistant Manager Kontrak Sumbar PT PLN (Persero) Ryan Andhika Putera.

(Ika)