Sumbar II Diprediksi Jadi Dapil Neraka, Tuo Politisi Incar DPR RI

PADANG, forumsumbar — Enam kursi DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Sumatra Barar (Sumbar) II diprediksi jadi Dapil neraka.

Pasalnya dari penelusuran tim media, ada banyak tuo poiitisi yang sarat pengalaman elektoral dan sudah teruji maju jadi Caleg DPR RI pada Pemilu 2024.

Siapakah tuo politisi yang akan mengincar empat sampai lima kursi DPR RI nanti dan menjadi mimpi bagi anggota DPR RI saat ini?

Dari penelusuran tim media ke kantong kantong konstituen ada nama Bupati Pasaman Benny Utama, lalu mantan Bupati Agam dua periode Indra Catri dan mantan Bupati Padang Pariaman dua periode Ali Mukhni, juga ada Anggota DPRD Sumbar asli Ujung Gading Pasaman Barat Syamsul Bahri, kabar lain Wako Payakumbuh Reza Falepi juga membidik kursi DPR RI pada Pemilu 2024.

“Kabarnya begitu, jika nama di atas masuk Caleg DPR RI, sah Dapil Sumbar II jadi Dapil neraka, bisa jadi anggota DPR RI saat ini terancam digusur oleh tuo politisi itu,” begitu ungkapan banyak kalangan dari berbagai daerah di Dapil Sumbar II dirangkum tim media Minggu 23 Januari 2022.

Benny Utama adalah politisi yang memiliki kekuatan suara riil, saat ini jadi Bupati Pasaman yang merupakan periode jabatan kedua kalinya.

“UU mengatur jabatan kepala daerah dibatasi dua kali, sehingga itu suara pemilih Pasaman cendrung mengharapkan Benny Utama masuk Senayan RI pada Pemilu 2024,” ungkap suara-suara politik rakyat di Lubuk Sikaping Sabtu kemarin.

Terus di Agam, geliat suara pemilih justru mengkerucut kepada Indra Catri (Bupati Agam 2 Periode).

“Pak Indra Catri adalah magnet politik di Agam, maju jadi Caleg DPR RI di Pemilu 2024 adalah kehendak pemilih di sini,” Almi tokoh politik muda di Agam.

Nah bagaimana Ali Mukhni, luar biasa penilaian rang piaman ke mantan Bupati Padang Pariaman dua periode.

“Pak Ali Mukhni maju ini akan merekat satu suara pemilih di Pariaman dan Padang Pariaman, Pak Ali Mukhni layak menjadi wakil rakyat ke DPR RI Pemilu 2024,” begitu betul suara pemilih di Lubuk Aluang, Minggu siang tadi ditangkap tim media.

Satu lagi yang akan mengejutkan dan menjadi pelanjut trah DPRD Sumbar ke Senayan RI yaitu Syamsul. Bahri.

Politisi PDI Perjuangan itu, kini menjadi Ketua Komisi I DPRD Sumbar, pemilih memprediksi putera asli Pasbar akan menghiasi foto anggota DPR RI seperti Pemilu 2014 lalu.

“Ya, Pemilu 2019 kemarin putra Pasbar gagal ke DPR RI, pada 2024 Insya Allah sosok Syamsul Bahri akan mengulang kembali sejarah anak Pasbar jadi DPR RI,” rangkuman cerita pemilih di Simpang Ampek Pasbar.

Satu lagi yang akan mengejutkan adalah Taslim Chaniago, putra Baso Agam yang kini menjadi Ketua DPW Partai Ummat Sumbar bisa saja mengejutkan di Pemilu 2024.

“Bang Taslim mantan DPR RI 2009-2014, bisa menjadi rissing start Pemilu 2024, maju dengan Parpol baru dan jadi satu dari enam kursi DPR RI dari Dapil Sumbar II ini, Insya Allah,” ujar Malin warga Sungai Angek Baso Agam.

Soal calon incument yang akan bertahan di kursi DPR RI, dari penelusuran tim media ini, jika Pemilu digelar bulan depan maka Hj Nevi Zuairina dan Guspardi Gaus diprediksi masih bisa mengamankan kursi yang didudukinya kini.

“Bu Nevi dan Pak Guspardi punya massa solid. Apalagi Bu Nevi selalu berjibaku berintegrasi dengan konstituen di Dapil Sumbar II. Ingat bu Nevi dari PKS yang terkenal pekerja Pemilu ulet dan solid,” ungkap suara pemilih di Sumbar II.

Meski ini prediksi tapi suara rakyat sulit ditebak, bisa saja ada tokoh yang akan memecahkan kebuntuan Luhak Limapuluh Kota (Payakumbuh- Limapuluh Kota,red) di Pemilu 2024. Pasalnya setiap hasil Pemilu belum satu pun rang Luhak Limapuluh Kota lolos ke Senayan RI.

(Rel/Adt)