Fungsionaris DPP PAN Ekos Albar Digadang-gadang Jadi PAW Wawako Padang

PADANG, forumsumbar —Baru dua hari Kota Padang memiliki walikota defenitif, pascadilantiknya Plt Walikota Padang Hendri Septa oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi, Rabu (7/4) lalu di Istana Gubernuran, Jl Sudirman Padang, bursa pengganti Hendri Septa sebagai wakil walikota mulai menghangat.

Nama kader Partai Amanat Nasional (PAN) Ekos Albar, disebut-sebut banyak pihak berpeluang untuk menjadi BA 2 A, karena dengan latar belakang sebagai pengusaha nasional, diyakini mampu memberikan energi positif bagi Walikota Hendri, dan khususnya pembangunan Kota Padang.

Ketika hal ini ditanyakan ke Ekos Albar melalui pesan WhatsApp, Kamis (8/4) malam, dijawab diplomatis oleh Bendahara DPP PAN itu. “Sebagai kader, kalau ditugaskan partai, tentu kita siap dan patuh,” ujarnya.

Sementara itu dari warga Padang mulai bermunculan dukungan untuk Ekos menjadi Wakil Walikota Padang. Menurut Sandy, mantan Ketua LPM yang pernah menjadi inisiator PAN di Padang, sosok Ekos merupakan jaminan mutu.

“Ia pengusaha nasional yang punya banyak relasi, dan sangat tepat membantu Walikota Hendri, supaya Padang bisa keluar dari krisis ekonomi akibat pandemi ini,” tukas Sandy, yang merupakan pengusaha penginapan ini.

Untuk Padang lebih maju dan lebih baik dalam menyejahterakan warganya, menurut Sandy, sosok seperti Ekos Albar yang mempunyai akses dan lobi yang kuat ke pusat, tentunya harus menjadi pertimbangan bagi PAN, untuk membantu tugas Wako Hendri.

Sebagaimana diketahui, aturan untuk mengisi kekosongan Wawako Padang, partai pengusung Mahyeldi-Hendri Septa, yakni PKS dan PAN, mengajukan minimal 2 nama untuk dipilih oleh anggota DPRD Padang yang 45 orang. Jadi PKS dan PAN, masing-masing mengusulkan minimal 1 nama.

Ekos Albar (kanan) bersama Ketum DPP PAN Zulkifli Hasan dalam sebuah kesempatan. (Foto : Dok)

Siapa Ekos Albar?

Ekos Albar yang kelahiran 1971, berusia 50 tahun, merupakan pengusaha yang bergerak di bidang perkebunan sawit di Provinsi Gorontalo di bawah bendera PT Heksa Jaya Abadi, PT Tripalma Nusantara dan PT Agro Palma Khatulistiwa.

Ekos yang dikenal dekat dengan pengamat ekonomi Drajat H Wibowo ini, juga mempunyai usaha di bidang otomotif, khususnya roda empat dan truk.

Sementara di PAN, Ekos Albar sudah aktif semenjak PAN didirikan pada tahun 1999, tapi konsentrasinya di kepengurusan BM-PAN, organisasi sayap pemuda PAN.

Saat ini Ekos salah seorang Bendahara di DPP PAN, dan masih menjadi Penasehat di DPP BM PAN. Kemudian pernah menjadi calon Bupati Limapuluh Kota, dan calon legislatif dari PAN di dapil Sumbar 2.

(Ika)