Sylviana Murni Minta Kesehatan Pengungsi Harus Jadi Prioritas

JAKARTA, forumsumbar —– Bencana alam yang berturut-turut di berbagai daerah, seperti di pulau Jawa, Kalimantan dan Sulawesi mengundang keprihatian banyak pihak.

Banyak yang mengungsi akibat berbagai bencana tersebut, dan saat ini informasinya para pengungsi mulai banyak yang mengalami sakit, seperti batuk, sesak nafas dan gatal-gatal. Ini diperburuk oleh musim penghujan.

Ketua Komite III DPD RI Prof Sylviana Murni menyatakan keprihatinannya atas kondisi tersebut.

Menurut Sylviana, pemerintah harus memprioritaskan pendirian posko bantuan sosial dan posko pelayanan kesehatan (yankes) di semua daerah bencana. Pendirian posko dimaksud akan sangat membantu meringankan korban bencana.

“Semua pihak agar bersinergi dalam pembentukan posko bantuan sosial dan yankes. Keterlibatan proaktif pemerintah, baik pusat maupun daerah, swasta, relawan sosial-kesehatan akan memperkuat fungsi posko sehingga optimal melayani para korban,” ujar senator asal Dapil DKI Jakarta itu, Rabu (20/1).

Dalam konteks parlemen, lanjutnya, DPD berkomitmen untuk mengawal dan memantau penyaluran bantuan maupun layanan kesehatan di semua daerah terdampak.

“Hal ini merupakan komitmen sebagai representasi masyarakat dan daerah,” pungkasnya.

(Rel/DPD)