Maryanto-Yulisman Siap Jadikan Pantai Sikabau Jadi Destinasi Wisata Andalan Pasbar

PASAMAN BARAT, forumsumbar —Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar) nomor urut 2, Maryanto-Yulisman, melihat potensi pariwisata Pantai Sikabau Kecamatan Lembah Melintang sangat menjanjikan dan perlu dikembangkan lagi, agar para wisatawan lokal maupun dari luar Pasbar ramai datang ke kawasan itu.

“Dari segi wisata, potensi yang bisa dikembangkan sangat banyak dan luar biasa. Seperti bagian selatan sepanjang lereng laut Pantai Sikabau, sangat menjanjikan untuk dijadikan kawasan wisata baru di Kabupaten Pasbar,” terang calon bupati Maryanto, Sabtu (5/12).

Menurutnya, wisata yang bisa dikembangkan di kawasan tersebut yakni agrowisata. Sawah dan kebun sawit di sana berjenjang. Perkebunan tidak hanya sekedar memetik hasil dari bercocok tanam atau memelihara peternakan saja, tetapi ini dijadikan sebagai daya tarik bagi wisatawan.

Hal itupun didukung oleh cuaca yang sejuk, tanah yang subur serta pemandangan indah yang ada di sepanjang lereng Pantai Sikabau tersebut.

 

Saat ini sudah mulai bermunculan kawasan wisata baru di Sikabau, dan ini sangat didukung oleh pasangan calon Maryanto-Yulisman.

“Apalagi kawasan wisata tersebut sudah dicetuskan oleh Pak Yulisman beberapa tahun lalu, berdirinya kawasan wisata Kinali,” ungkap Maryanto.

Berdasarkan informasi, di sepanjang dataran tinggi lereng laut Pantai Sikabau, sudah ada 5 hingga 7 objek wisata baru. Sampai saat ini, objek wisata tersebut mulai didatangi terutama wisatawan lokal. Ke depan, kata Maryanto, ini perlu dikembangkan dan harus ada perhatian pemerintah daerah.

Potensi yang bisa dikembangkan lagi, katanya, seperti perkebunan jeruk, semangka, durian dan banyak tanaman buah-buahan lainnya yang bisa dikonsep sebagai agro wisata.

Begitu juga terhadap peternakan, seperti sapi, kambing, domba, termasuk kolam ikan yang memiliki nilai ekonomi kepada masyarakat, tetapi bisa juga untuk mendatangkan wisatawan.

“Wisatawan berkunjung tanpa membayar tiket dan cuma bayar parkir saja. Tetapi wisatawan bisa membeli buah-buahan yang berasal dari pohonnya, serta hasil olahan peternakan seperti susu sapi dan kambing, serta olahan daging,” tuturnya.

Selain memiliki view alam yang bagus, sepanjang lereng Pantai Sikabau menyimpan potensi agrowisata yang luar biasa. Kemudian, sebut Maryanto lagi, bisa didirikan penginapan seperti villa atau homestay keluarga di sepanjang lereng Pantai Sikabau.

“Diiringi dengan fasilitas family gathering dan outbond. Dimana dengan promosi yang luas, karyawan perusahaan-perusahaan besar berkeinginan datang dan bersantai di Pasbar. Sehingga nantinya berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Ekonomi akan lebih hidup di Pasbar,” pungkas Maryanto

Di hadapan masyarakat Sikabau, saat kampanye terakhir itu, pasangan Maryanto- Yulisman menyampaikan akan menjadikan Pantai Sikabau sebagai kawasan wisata terpadu di Pasbar

“Kami tidak berjanji, tapi kami akan berbuat yang terbaik untuk Pasbar. Melihat potensi Pasbar yang sangat tinggi, tentunya kesejahteraan masyarakat yang kami utamakan. Amanah yang kami lakukan ini, tak akan kami sia-siakan. Insya Allah kami siap untuk masyarakat Kabupaten Pasaman Barat 24 jam. Untuk itu mari beramai-ramai ke TPS tanggal 9 Desember, dan coblos nomor urut 2, Maryanto-Yulisman,” tutup Maryanto.

(Rel/Nov)