Sempurnakan Pelaksanaan Pilkada, KPU Sijunjung Gelar Rapat Konsolidasi

PADANG, forumsumbar — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sijunjung menggelar rapat konsolidasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung serta pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar yang dilaksanakan selama dua hari, 28 s/d 29 November 2020, di Hotel Mercure Padang.

Kegiatan tersebut diikuti Bupati Sijunjung yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Sijunjung, Ketua DPRD Sijunjung, unsur Forkopimda, Kepala OPD terkait, Ketua KPU beserta Komisioner dan jajaran, serta undangan lainnya.

Ketua KPU Sijunjung Lindo Karsyah dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan untuk menyempurnakan serta menyukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

Selain itu dalam rapat tersebut juga membahas bagaimana kesiapan untuk menghadapi dan menyukseskan Pilkada Serentak 2020, baik itu dalam hal persiapan surat suara, petugas yang akan bertugas yang dipastikan terbebas dari virus corona, serta pendistribusian logistik KPU.

Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 ini bukan hanya menjadi tanggungjawab satu pihak, namun dibutuhkan kerjasama dari banyak pihak.

“Untuk itu sebagai penyelenggara pemilu, informasi-informasi terbaru dari KPU terkait penyelenggaraan pilkada sangat dibutuhkan, baik dari segi penghitungan, mekanisme dan pola pengamanan dari KPU sangat berharap bantuan dan dukungan dari semua pihak,” ucap Lindo.

Sekda Sijunjung Zefnihan dalam arahannya mengatakan, pilkada tahun ini berbeda dengan pelaksanaan pilkada sebelumnya karena dilaksanakan di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Untuk itu ia berharap kepada semua pihak terkait agar dapat menyatukan langkah dalam mengahadapi pilkada pada 9 Desember mendatang.

“Bahas secara tuntas persoalan-persoalan yang masih ditemui, sehingga kita dapat secara bersama-sama mengantisipasi dan bisa siapkan dari sekarang,” pesannya.

Ditekankan Zefnihan, samakan persepsi, samakan langkah dalam rangka mendorong pilkada yang bisa diselesaikan tanpa ada masalah, khususnya menghindari adanya klaster baru dalam pilkada di Ranah Lansek Manih.

Sementara Ketua DPRD Sijunjung Bambang Surya Irwan dalam sambutannya berharap terciptanya pemilu yang kondusif, tingkatkan sosialisasikan cara memilih yang baik kepada masyarakat agar tidak ada lagi warga yang tidak memilih karena satu suara itu sangat bermanfaat

Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan dalam arahannya menyatakan Polri siap untuk menjamin dan mengamankan Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Sijunjung, dan menekankan pentingnya netralitas ASN serta protokol kesehatan Covid-19.

Senada dengan itu Dandim 0310/SS Letnan Kolonel Infanteri Endik Hendra Sandi S.Sos, M.I.Pol menyatakan siap untuk membantu menyukseskan Pilkada Serentak 2020 khususnya dalam pengaman fisik, manusia dan material lainnya.

Ia berharap kepada pihak Bawaslu agar menggelar juga sosialisasi kepada awak media atau pers untuk menghindari dan mengatasi apabila ada berita hoaks.

(Novfiandry)