Masih Pandemi Covid-19, Rapimnas IKA Unand Putuskan Tunda Kongres

PADANG, forumsumbar —Dewan Pengurus Pusat (DPP) Ikatan Alumni Universitas Andalas (IKA Unand) tidak mau dianggap tidak taat periodesasi kepengurusan yang akan berakhir pada tanggal 3 Desember 2020 ini.

Karena masih pandemi Covid-19, untuk pelaksanaan kongres yang akan memilih pengurus baru, sepertinya agak riskan diadakan secara tatap muka. Untuk mencari solusinya, maka dilaksanakan lah Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) yang berlangsung secara virtual, Sabtu (28/11)

Rapimnas akhirnya memutuskan menunda Kongres IKA Unand hingga maksimal pada bulan Desember 2021, mengingat kondisi masih pandemi Covid-19.

Pengurus berharap bisa melaksanakan kongres secara langsung tatap muka karena di sana lah saatnya semua alumni dan pengurus DPP IKA Unand bisa berinteraksi dan bersilahturahmi setelah sekian lama tidak bertemu.

Oleh karena itu semua pihak berharap pandemi Covid-19 ini cepat berakhir dan Kongres IKA Unand bisa berjalan sesuai rencana.

Ketum DPP IKA Unand Asman Abnur saat membuka Rapimnas, mengajak seluruh alumni untuk beradaptasi dengan Covid-19.

“Dalam masa pandemi kita harus beradaptasi dengan interaksi gaya baru, maka dari itu meskipun kita melaksanakan Rapimnas ini secara virtual, tapi semangat kita semua dalam melaksanakan kegiatan ini sangat bagus sekali, terlihat dengan antusias kehadiran semua pengurus saat ini dan itu menunjukkan kepedulian alumni bersatu silahturahmi dan musyarawah dalam mewujudkan peran alumni hingga semakin nyata untuk kedjajaan Unand,” ujar Asman Abnur.

Mantan Menteri PAN-RB ini mengatakan kepengurusan DPP IKA Unand yang dipimpinnya saat ini sudah di ujung periode. “Tentu sebagai organisasi kita harus taat pada AD/ART organisasi. Saya berharap Kongres jangan ditunda lagi,” ujar Asman.

Asman tetap berpegang pada AD/ART dan berharap kongres tetap sesuai jadwal. “Mari kita komit dengan kesepakatan organisasi yang terdapat di AD/ART. Kongres nantinya kita adakan bisa secara virtual ataupun secara tatap muka sesuai kebijakan pemerintah nantinya,” ujar Asman kukuh.

Sementara saat berikan sambutan Rapimnas, Rektor Unand Prof Yuliandri berharap agar alumni bisa ikut mewujudkan visi misi Unand ke depan.

“Khususnya dalam dukungan alumni membangun almamater Unand dengan program-program IKA Unand. Saya sangat berterima kasih atas kiprah alumni selama ini di dalam peningkatan dan kemajuan almamater Unand,” ujar Yuliandri.

Prof Yuliandri berharap dengan terlaksananya Rapimnas ini hendaknya bisa mewujudkan konsep yang nantinya akan berdampak nyata terhadap kemajuan almamater ke depan.

Forum Rapimnas dengan pimpinan sidang Ketua SC Yul Akhiari Sastra, disampaikannya bahwa kongres diadakan dalam suasana tatap muka secara langsung paling lambat 4 Februari.

“Memang akhir jabatan 3 Desember 2020. Sesuai AD/ART IKA Unand untuk jadwal Kongres diputuskan di Rapimnas,” ujar Yul Akhiari Sastra.

(Rel/hms-ikaunand)