Masyarakat Sumbar Antusias Sambut Partai Baru Amien Rais

PADANG, forumsumbar —Seperti diberitakan bahwa Kamis (10/9) besok, Prof Amien Rais akan memberikan penjelasan mengenai pendirian partai baru yang digagasnya, yang santer disebut-sebut namanya PAN Reformasi.

Mencermati kehadiran PAN Reformasi yang katanya akan dideklarasikan pada bulan Desember 2020, disambut antusias tokoh masyarakat Padang dan Sumbar umumnya.

Menurut Joni Ismed, tokoh masyarakat Padang Sarai Kecamatan Koto Tangah Kota Padang, keinginan yang kuat dari Amien Rais untuk keluar dari Partai Amanat Nasional (PAN) pascakongres di Kendari, merupakan hak Amien Rais dan harus dihargai sebagai bagian dari berdemokrasi.

“Sepertinya kekecewaan Pak Amien terhadap Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan tidak dapat lagi diredam, sehingganya pendirian partai baru adalah jalan yang diambil oleh Pak Amien,” ujar Joni Ismed, yang pernah menjadi Ketua Fraksi PAN DPRD Padang periode 2009-2014, Rabu (9/9).

Joni Ismed melihat peluang PAN Reformasi besutan Amien Rais ini berkembang di Sumbar sangat terbuka lebar, sebab ketokohan Amien Rais sebagai mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah masih kuat bagi masyarakat Sumbar. Dan lagi, pengagum serta loyalis Amien Rais di Sumbar itu masih banyak.

“Sumbar itu adalah basis Muhammadiyah, jadi kalau selama ini PAN stabil suaranya di Sumbar, ya karena faktor Muhammadiyah tadi. Jadi sekiranya Pak Amien mendirikan PAN Reformasi, saya kira Muhammadiyah itu akan mengarah ke Pak Amien,” ucap Joni Ismed.

Jadi, lanjut mantan Ketua DPC PAN Koto Tangah ini, kehadiran PAN Reformasi ini ditunggu banyak orang di Sumbar, termasuk kader-kader Muhammadiyah yang selama ini terpinggirkan dari PAN.

 

(Ika)