PKDP Gelar Rakernas, Ikut Juga Delegasi dari Amerika Serikat

JAKARTA, forumsumbar —- Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas), yang dihadiri lebih dari 16 perwakilan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKDP se-Indonesia dan delegasi DPW PKDP Amerika Serikat.

Kegiatan Rakernas ini dihadiri langsung Ketua Umum DPP PKDP Refrizal dan didampingi oleh Sekretaris Jenderal DPP PKDP, Yuliandre Darwis.

Dalam sambutannya, Ketua Umum DPP PKDP Refrizal mengatakan organisasi PKDP lahir untuk mempererat tali silaturahmi di antara para perantau agar setiap warga Piaman yang tersebar di seluruh Indonesia senantiasa tetap menjalankan fungsi kehidupan organisasi bedasarkan adat istiadat.

Setelah tertunda 2 tahun akibat pandemi Covid-19, Rakernas dengan mengusung tema “Konsolidasi Organisasi Menuju PKDP yang Kuat, Bermartabat dan Bermanfaat” bertujuan semata-mata untuk meningkatkan tingkat kesadaran sosial masyarakat Piaman khususnya yang bedasarkan ukhuwah islamiyah.

Memasuki era digital, tambah Refrizal, perlu menanamkan sikap untuk siap berkolaborasi dan berpandangan terbuka bagi setiap anggota PKDP. Kolaborasi ini menjadi hal yang penting, bukan saja untuk organisasi tapi untuk pribadi.

“Perlu dipahami, organisasi ini lahir atas harapan yang nantinya akan lahir taraf kekompakan dan kolaborasi bagi setiap warga Piaman dimana pun berada,” tutur Refrizal saat membuka Rakernas DPP PKDP di Hotel Balairung, Jakarta, Sabtu (4/12).

Ditemui di sela-sela acara, Sekretaris Jenderal DPP PKDP, Yuliandre Darwis mengatakan bahwa ia merasakan setiap warga Piaman atau pun anggota PKDP yang tersebar di seluruh pelosok wilayah Indonesia diyakini memiliki visi dan misi untuk memajukan wilayah kampung halamannya.

Sebagai tokoh muda Sumbar, pria yang ramah di sama Uda Andre ini berharap akan lahir para tokoh intelektulal yang memiliki daya saing bertaraf internasional dari organisasi PKDP.

“Sebagai bukti, saat ini PKDP telah memiliki basis wilayah hingga di New York, USA. Kita pererat silaturahmi hingga dapat berkolaborasi demi tercapainya tujuan organisasi yang cemerlang,” tegas Andre.

Dalam kesempatan yang sama, selaku Ketua Panitia Rakernas PKDP tahun 2021, Dedy Warman mengimbau kepada seluruh warga Piaman agar dapat berkontribusi untuk kemajuan kampung halaman dengan keahlian dan bidangnya.

Dewa, sapaan akrabnya berpandangan, pada hakikatnya rapat kerja ini adalah salah satu wadah menghimpun buah pikir dari warga Piaman.

Ia mengungkapkan sebagai putra daerah asli Piaman dirinya merasa terpanggil untuk dapat menyatukan visi dan misi pembangunan wilayah Piaman melalui forum rakernas ini.

“Jadi harapan saya ke depan dari forum ini akan hadirnya gagasan yang spektakuler untuk kemajuan bangsa dan warga Piaman berkontribusi di dalamnya,” tutup Dedy.

(Syahrul)